Komponen Komponen PC dan Fungsinya ( Lengkap )


Komputer memiliki banyak bagian bagian setiap bagian memiliki fungsinya masing masing. Ada beberapa komponen yang memang harus ada dalam sebuah komputer atau PC. Tapi ada juga komponen komponen komputer atau PC yang jika tidak ada maka tidak akan menimbulkan masalah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel Komponen Komponen PC dan Fungsinya berikut ini.

1. Casing


Pengertian : Casing merupakan komponen yang berfungsi untuk melindungi dan tempat memasang komponen komponen lainnya seperti motherboard , Harddisk dan komponen lainnya.

Fungsi Casing : Berikut saya jelaskan fungsi fungsi dari casing.
     1. Sebagai pelindung

Salah satu fungsi utama casing adalah sebagai pelindung. Ada dua hal yang akan dilindungi oleh casing.
  • Pertama adalah untuk melindungi komponen komponen yang ada di dalam casing dari benda benda yang bisa merusak dan mengganggu komponen komponen yang ada didalam pc seperti motherboard harddisk dan yang lainnya.
  • Kedua adalah untuk melindungi pengguna pc dari hal hal yang dapat membahayakannya akibat pc ini. Seperti kesetrum terkena fan dan lain sebagainnya. 
     2. Sebagai tempat memasang komponen komponen PC
Fungsi kedua dari casing adalah untuk memasang komponen komponen PC lainnya seperti harddisk motherboard CD-ROM dan komponen lainnya. 

2. Motherboard 


Pengertian : Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).

Fungsi Motherboard : Berikut saya jelaskan fungsi dari motherboard.

     1. Sebagai Pusat Kendali sebuah PC

Fungsi utama dari sebuah pc adalah untuk menjadi pusat kendali atau otak dari sebuah pc atau komputer. Hampir seluruh komponen komponen pc terhubung dengan motherboard kemudian komponen komponen tersebut akan saling terkoneksi. Atau lebih mudahnya motherboard ini berfungsi sebagai media yang mengatur input dan output serta pemrosesan data.

     2. Sebagai tempat memasang beberapa komponen

Fungsi kedua dari motherboard adalah untuk memasang beberapa komponen penting lainnya. Adapun komponen komponen lainnya yang terpasang di motherboard adalah processor memory kartu jaringan VGA CARD atau kartu grafis serta beberapa komponen lainnya. 

3. Harddisk


Pengertian : Harddisk adalah perangkat keras (hardware) komputer yang bekerja secara sistematis yang berperan sebagai media penyimpanan data.

Fungsi Harddisk : Berikut fungsi fungsi dari harddisk.

     1. Tempat menyimpan Sistem Operasi

Pc atau komputer tidak mungkin bisa digunakan tanpa yang namanya sistem operasi dan sistem operasi butuh tempat untuk menyimpan data data dari sistem operasi ini. Dan harddisk merupakan tempat atau media penyimpanan untuk menyimpan sistem operasi.
 
     2. Tempat menyimpan data Aplikasi

Aplikasi yang digunakan pasti akan memliki data data yang harus di simpan dan tidak mungkin disimpan di memory dan media penyimpanan lainnya karena ukurannya yang biasanya besar.

     3. Tempat menyimpan file

Fungsi penting dari hardisk lainnya adalah sebagai media untuk menyimpan file file user atau pengguna seperti aplikasi video mp3 dan file file lainnya.  

4. Memory


Pengertian : Memory atau yang lebih dikenal sebagai RAM adalah media penyimpanan sementara dalam komputer.  

Fungsi : Berikut fungsi dari memory.

     1. Menyimpan data program yang sedang berjalan. 
 
Fungsi utama dari memory atau RAM adalah untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang berjalan dan bersifat sementara. Jadi jika komputer mati maka data data yang tersimpan dalam memory atau RAM akan hilang.

5. Power Supplay


Pengertian : Power supplay adalah komponen elektronik yang dapat merubah arus AC menjadi DC. 

Fungsi : Berikut fungsi dari power supplay

     1. Mensupplai aliran listrik 

Fungsi utama dari power supplay adalah untuk mensupplai aliran listrik kepada komponen komponen pc yang membutuhkan aliran listrik.

     2. Mengubah arus Tegangan AC menjadi DC

Komputer membutuhkan arus DC sedangkan arus listrik yang langsung dari stopkontak adalah arus AC maka disinilah fungsi dari power supplay untuk merubah arus dari AC menjadi DC.

6. CD-ROM


Pengertian : CD-ROM adalah komponen komputer yang digunakan untuk membaca data yang ada pada piringan optik atau CD. Fungsi dari CD-ROM adalah untuk membaca data pada piringan optik atau CD.

7. Monitor


Pengertian : Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU. Fungsi dari monitor adalah untuk menampilkan data dalam bentuk grafis.

8. Keyboard


Pengertian : Keyboard adalah perangkat input yang berisi tombol-tombol yang dapat menginputkan huruf huruf angka dan perintah lainnya. Fungsi dari keyboard adalah untuk menginputkan data kedalam komputer.

9. Mouse


Pengertian : Mouse adalah perangkat input komputer yang berbentuk layaknya tikus dan karena hal inilah perangkat ini disebut Mouse. Fungsi dari mouse adalah untuk menggerakan kursor dan mengklik apa yang ada di monitor.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komponen Komponen PC dan Fungsinya ( Lengkap )"

Post a Comment