InstaForex

Kekurangan dan Kelebihan Topologi Bus


Topologi star adalah topologi jaringan yang menggunakan satu kabel pusat sebagai jalur utama lalulintas data dalam sebuah jaringan. Dengan menggunakan sistem seperti itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Bagi kamu yang ingin tau tentang kelebihan dan kekurangan topologi bus silahkan simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan topologi bus berikut.


Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

Kelebihan Topologi Bus

1. Pengembangan jaringan mudah dilakukan.

kelebihan pertama dari topologi bus adalah pengembangan jaringan mudah dilakuakan. Hal ini terjadi karena pada topologi bus ini apabila kita akan menambahkan atau mengurangi node atau komputer baru dalam jaringan tersebut maka tidak akan mempengaruhi jaringan tersebut.

Contoh Kasus :

Apa bila dalam suatu jaringan dengan jumlah node atau komputer 4 dan ingin di tambah menjadi 5 komputer maka yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pemasangan node atau komputer baru ke kabel pusat.
2. Hemat kabel.

Kelebihan kedua dari topologi bus adalah hemat kabel. Hal ini terjadi karena topologi bus menggunakan satu kabel tunggal untuk menyambungkan seluruh komputer atau node dalam jaringan tersebut.

Contoh Kasus :

Apa bila dalam suatu jaringan ada 4 node atau komputer maka yang di perlukan hanyalah satu kabel pusat dan 4 kabel pendek untuk menyambungkan ke kabel pusat.

Apa bila dalam suatu jaringan ada 6 node atau komputer maka yang di perlukan hanyalah satu kabel pusat dan 6 kabel pendek untuk menyambungkan ke kabel pusat.

Jadi kesimpulanya hanya memerlukan 1 kabel pusat dan kabel pendek sejumlah node atau komputer yang ada jadi untuk membangun jaringan ini tidak memerlukan begitu banyak kabel.
3. Layout kabel sederhana.

Layout kabel sederhana itu adalah kelebihan ketiga yang dimiliki oleh topologi bus. Kamu bisa lihat pada gambar di atas dimana bisa dilihat begitu sederhannya topologi bus dimana ada satu kabel tunggal yang kemudian di pasangi node node atau komputer komputer.

Kekurangan Topologi Bus

1. Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel utama maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Kekurangan pertama dan yang cukup menjadi pertimbangan untuk tidak menggunakan topologi bus adalah apabila dalam kabel utama dalam topologi bus mengalami masalah maka seluruh jaringan tersebut akan mengalami masalah alias lumpuh total.
2. Kepadatan pada jalur lalu lintas Utama.

Karena topologi ini hanya menggunakan satu jalur utama maka secara otomatis akan terjadi kepadatan lalu lintas di jalur utama tersebut apabila terjadi frekuensi penerimaan dan pengiriman data pada jaringan tersebut.

3. Sulit melakukan deteksi kesalahan.

Dalam topologi bus ini sulit untuk dilakukan deteksi kesalahan atau kerusakan. Hal ini di karenakan topologi bus yang hanya menggunakan satu kabel tunggal.
Contoh kasus :
Jika dalam topologi bus komputer c tidak terkoneksi maka untuk mengetahui kenapa hal ini terjadi harus di cek sambungan komputer c dengan kabel tunggal apa bila baik baik saja maka untuk mendeteksi kesalahan lainnya akan sulut karena kita harus mengecek kabel tunggal yang mana akan mengganggu seluruh koneksi dalam jaringan tersebut.
4. Diperlukan Repeater untuk koneksu jarak jauh.

Kekurangan selanjutnya yang perlu di ketahui adalah untuk menggunakan topologi jaringan bus ini dalam lingkup jaringan yang luas maka diperlukan sebuah repeater sebagai penguat signal.

Jadi bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan jaringan ini dalam linkup jaringan yang luas.
5. Dapat melumpuhkan jaringan jika kabel pusat rusak.
Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree

Salah satu kekurangan yang cukup fatal dari topologi bus adalah apabila terjadi kerusakan pada kabel pusat maka akan terjadi kelumpuhan pada jaringan tersebut.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan dari topologi bus semoga bisa bermanfaat bagi kamu. 

 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kekurangan dan Kelebihan Topologi Bus"

Post a Comment