InstaForex

Macam Macam Topologi dan Penjelasannya

Topologi jaringan- adalah gambaran bagaimana menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Ada banyak topologi yang ada pada saat ini biasanya topologi jaringan digunakan di perusahaan, sekolah dan warnet. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang macam macam topologi yang biasa digunakan. Berikut cuplikannya :

1. Topologi Bus adalah sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat  tempat yang menghubungkan client dan server. 

Topologi bus ini memakai kabel BNC dan di bagian kedua ujungnya harus diberi terminator. Sebenarnya Topologi ini cukup sederhana serta mudah ditangani, tetapi saat ini telah banyak ditinggalkan dikarenakan padatnya lalulintas data dan jika terdapat satu node yang rusak maka seluruh jaringan tidak bisa berfungsi. Berikut tampilannya :


2. Topologi Bintang (star) adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star).

Topologi bintang mempunyai bentuk seperti bintang/ star, setiap node tersambung secara terpusat pada sebuah perangkat keras Hub atau switch. Hub atau switch yang dipakai untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN.  Piranti ini sering dipakai dalam topologi star dan extended star. Berikut tampilannya :





3.Topologi Star-Bus (Tree) adalah topologi jaringan komputer secara hirarki merupakan kombinasi dari topologi star dan bus. Jadi, untuk memahami topologi tree, maka perlu untuk memahami mengenai topologi star dan bus. 

Topologi star adalah salah satu topologi yang paling sering digunakan dalam pembangunan jaringan LAN. Dengan satu hub pusat terhubung ke beberapa komputer. Berikut tampilannya :





4. Topologi Lingkaran (Ring) adalah topologi jaringan yang bentuknya rangkaian yang masing-masing tersambung ke dua titik yang lainnya, sehingga bisa membentuk jalur lingkaran yang menyerupai cincin. 

Topologi ring tidak mempunyai ujung maka tidak dibutuhkan terminator. Saat topologi ini sudah banyak ditinggalkan karena mempunyai kelemahan yang serupa dengan topologi bus selain itu, pengembangan jaringan dengan menggunakan topologi ring ini relatif sulit dilakukan. 

Pada topologi Cincin semua node/ titik berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal di sepanjang sirkulasinya. Maksudnya setiap perangkat saling bekerja sama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya setelah itu diteruskan pada perangkat sesudahnya.Berikut tampilannya :







5. Topologi Mes
adalah bentuk hubungan yang semua perangkat/node saling terhubung satu sama lain. Pada topologi mesh ini setiap perangkat bisa berkomunikasi secara langsung dengan perangkat yang dituju. 


Topologi mesh ini hamier tidak pernah digunakan karena sulit ditangani dan juga boros kabel. Dalam Topologi mesh terdapat 2 tipe yang dikenal yaitu full connected dan partial connected. Berikut tampilannya :


itu beberapa topologi dan sedikit penjelasannya. sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat. terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Macam Topologi dan Penjelasannya"

Post a Comment