5 Tips Mengatasi Laptop Lemot


Tips Mengatasi Laptop Lemot - Laprop lemot adalah hal yang paling di benci oleh penggunanya begitu pula dengan saya. Ketika spek laptop yang kita miliki terbilang rendah maka hal ini merupakan hal yang wajar akan tetapi jika laptop kita mempunyai spek yang terbilang tinggi itulah yang menimbulkan pertanyaa, Why..? Pada artikel saya kali ini saya akan membagikan 5 tips kepada teman teman agar laptop kalian tidak lemot. Berikut penjelasannya :

( Artikel Terkait : 5 Cara Mengatasi Laptop Hang )

1. Uninstall program yang tidak diperlukan
Terlalu banyak program yang di install pada laptop teman teman dapat memperlambat kinerja dari laptop teman teman, karena program –program tersebut akan memakan resource memory dari laptop teman teman sehingga menyebabkan pengalokasian memory menjadi tidak optimal. Untuk itu uninstall program  program yang tidak perlu, terutama program program berukuran besar, misal yang sudah habis masa trial dan tidak dapat digunakan lagi.

2. Lakukan defragmentation secara teratur 
Defragmentation adalah sebuah proses untuk "menata" semua file yang tersimpan dalam hard drive laptop kamu. Coba bayangkan, pasti akan lebih mudah dan cepat bagi teman teman menemukan sebuah buku di perpustakaan yang disusun secara rapi menurut alfabet, daripada berusaha mencari sebuah buku di tumpukan yang tidak teratur. Nah, inilah kira-kira gambaran proses defragmentation. Untuk melakukan defragmentation cukup mudah, klik Start Button > Accessories > System Tool > Disk Defragmenter. Perlu diingat, lakukan defragmentation setidaknya sebulan sekali. Jika komputer teman teman lama tidak di defrag, maka proses satu kali defrag bisa berjalan sangat lama, antara 5-10 jam. Namun jika anda melakukannya dengan teratur, proses defrag hanya memerlukan setidaknya satu jam.

3. Matikan semua background application 
Background Application adalah berbagai jenis aplikasi yang berjalan sendiri setiap kali laptopteman teman hidup tanpa kamu menjalankannya. Jika terlalu banyak background application dalam laptop kamu, bisa dipastikan laptop kamu akan lemot dan lambat kinerjanya. Oleh karena itu, hanya hidupkan background application yang  kamu perlukan saja seperti anti virus dan matikanlah yang lain. Background application bisa ditemukan pada sudut kanan bawah komputer kamu. Klik tanda panah kecil yang menunjuk ke atas, dan di sana kamu bisa menemukan aplikasi apa saja yang berjalan. Klik kanan pada icon aplikasi tersebut, lalu klik "exit" untuk mematikannya. kamu bisa juga mengecek Task Manager (tekan CTRL+ALT+DEL) untuk mengecek aplikasi apa saja yang berjalan di background laptop anda.

4. Jangan sampai harddisk kamu terlalu penuh 
Menyimpan data terlalu banyak hingga membuatnya penuh terutama di disl C atatu tempat teman teman menyimpan sistem operasinya akan membuat laptop teman teman menjadi lelet atau lemot. Untuk itu sisakanlah memori beberapa giga di disk C sehingga laptop kamu tidak lelet. Selain itu hapus dokumen yang tidak penting di disk C caranya adalah menggunakan tool disk clean up dari windows
 
5. Buang StartUp yang Tidak Penting 
Ketika teman teman baru mengudupkan laptop pasti ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. jika program ini terlalu banyak maka akan membuat startup laptop teman teman menjadi lambat atau lemot. Adapun cara untuk membuang atau menon aktivkan program yang berjalan secara otomatis ini adalah klik start dan pilih run. Tulis msconfig dan tekan enter kemudian hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan.

Sekian tips dari saya jika cara di atas tidak membatu saya mohon maaf. mungkin jika cara di atas tidak berhasil ada kemungkinan laptop kamu terkena virus jika demikian teman teman bisa membersihkan virusnya dengan anti virus atau dengan menginstall ulang sistem operasinya. Terimakasih.

Jika program yang berjalan ini terlalu banyak, akan menyebabkan startup PC sobat menjadi lamban.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/cara-memperbaiki-laptop-komputer-yang-lemot-agar-cepat.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "5 Tips Mengatasi Laptop Lemot"