10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal


Tips Membeli Laptop Bekas - Membeli barang yang bukan termasuk kategori barang yang kita pahami seluk beluknnya adalah hal yang tidak mudah. Apalagi jika barang yang akan kita beli adalah barang bekas atau barang second yang kita tidak ketahui kualitasnya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips kepada teman teman tentang cara memilih laptop bekas yang agar laptop yang teman teman beli tidak membuat kalian menyesal dan tentunya laptopnya berkualitas tentunya. Berikut yang harus kalian lakukan ketika akan membeli laptop :

( Artikel Terkait : 8 Tips Membeli Laptop Baru Agar tidak Menyesal )

1. Spesifikasi Laptop
Hal yang pertama kali harus kalian cek adalah spesifikasi hardware yang dimiliki laptop tersebut. Sesuaikan spesifikasi yang dipromosikan oleh penjual dengan laptop itu sendiri. Jangan sampai kalian tertipu. Setelah kalian mengetahui spek komputer tersebut kalian bisa menyesuaikannya dengan harga yang ditawarkan spek yang tinggi biasanya mempunyai harga yang lebih mahal Sedangkan spek yang rendah biasannya lebih murah.

2. Kondisi Harddisk
Harddisk adalah  komponen yang paling rentan terhadap kerusakan pada laptop second. jadi jangan sampai kalian membeli laptop dengan harddisk yang sudah rusak. Karena peran dari harddisk ini sangat penting dan tentunya harganya cukup mahal. Aadapun cara untuk memastikan harrdisk laptop dalam kondisi baik adalah dengan cara melakukan copy/paste antar folder serta partisi laptop, jika proses transfer filenya sangat lambat ini merupakan peetanda harddisknya bermasalah. selain cara tersebut dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan fitur S.M.A.R.T pada BIOS, atau menggunakan program third party, dengan software tersebut kalian bisa melihat kondisi harddisk dengan detail. 
 
3. Kondisi Keyboard dan Touchpad
Kondisi Keyboard dan Touchpad sangatlah penting kalian cek karena dua bagian ini terutama keyboard merupakan bagian yang sangat rentan rusak. serta akan sangat mengganggu kalian jika diantara dua bagian ini ada yang tidak berfungsi secara normal. Dan ketika kedua bagian ini sudah bermasalah biasanya ada bagian lain yang bermasalah. 

4. Kondisi Baterai dan Charger
Baterai ini sangat penting bagi sebuah laptop karena akan membantu mobilitas penggunanya. Ceklah bagian ini jangan sampai laptop yang kamu beli ternyata baterainya sudah rusak. Adapun untuk mengeceknya kamu bisa melihat presentase penurunan baterai ketika laptop dijalankan, baterai yang masih normal tidak akan mengalami penurunan yang drastis. Serta cek pula chargernya apakah masih berfungsi dengan baik.

5. Kondisi Layar (LED / LCD)
Banyak orang tertipu dan tidak memperhatikan bagian ini padahal bagian ini perlu dicek karena kerusakan pada bagian ini tidak terlihat dengan jelas. Layar yang kelihatannya normal ternyata mempunyai masalah. Adapun  cara untuk memastikan kondisi layar pada laptop tersebut baik apa tidak adalah dengan cara berikut ini :

  1. Ganti Colour pada background dekstop menjadi hitam dan putih, hal ini berguna agar kita dapat mengetahui apa ada dead pixel. Dead Pixel itu suatu kondisi dimana ada titik (dot) yang mati pada layar LCD. Artinya pixel tersebut tidak dapat menampilkan warna" yang lain selain satu warna misal dead pixel itu warnanya merah, maka pixel itu hanya dapat menampilkan warna merah saja, dan tidak dapat menampilkan warna yang lain.
  2. Cek kondisi kabel flexible, caranya dengan melakukan tutup-buka layar laptop dalam keadaan laptop hidup, kamu harus memperhatikan apakah ada kedipan atau goyangan pada layar LCD tersebut.

6. Cek Segel Laptop
Mengecek segel laptop sebelum membelinya adalah hal yang sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal jika sebuah laptop segelnya sudah rusak atau dibuka maka kemungkinan besar laptop tersebut sudah pernah dibongkar atau di bawa ke tukang service karena rusak. Dan hal yang kurang baiknya lagi adalah komponennya sudah tidak original atau sudah diganti. Dan itu menmungkinkan lebih cepat terjadi kerusakan pada bagian tersebut dimasa mendatang.
 
7.Garansi Kerusakan
Garansi kerusakan perlu kamu pertanyakan kepada penjual laptop bekas karena jika laptop itu masih mempunyai garansi berarti laptop itu bisa disimpulkan aman untuk di beli.
 
8. Lama Penggunaan
Semakin lama penggunaan sebuah laptop maka kemungkinan besar laptop tersebut pernah mengalami kerusakan semakin besar. Sealin itu ada beberapa komponen laptop yang mempunyai ketahanan hanya beberapa tahun. Jadi perhatikanlah masa penggunaan laptop tersebut agar kemungkinan ada bagian yang rusak semakin kecil.
 
9. Cek Harga Pasaran
Setalah kalian mengetahui kondisi fisik dan spesifikasi dari sebuah laptop maka yang perlu kalian lakukan adalah mengecek harga pasaran tersebut. Tujuannya adalah agar uang yang kamu berikan kepada penjual sesuai dengan barang yang kamu beli.
 
10. Ajak Teman yang Mengerti IT
Cara yang terakhir dan cara yang paling ampuh dan mudah adalah ajak teman yang mengerti tentang IT hal ini bertujuan agar memudahkan kamu untuk mengetahui mana laptop yang masih bagus. Dan mengetahui kesesuaian harga dengan laptop yang di beli.
 
Mungkin itu teman sedikit tips yang bisa saya bagikan kepada kalian semoga bisa bermanfaat bagi teman teman. Dan terimakasih atas kunjungannya.
terimakasih.


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Menyesal"